Software Development Competition Find IT 2018 – Mahapati S – Cihna Translator

#FindIT2018
#FindITUGM

Pada video ini, kami dari Tim Mahapati-S membawakan pemaparan tentang aplikasi Cihna Translator, sebuah Aplikasi Penerjemah Bahasa Indonesia – Bahasa Bali Berbasis Android.

Bahasa Bali merupakan salah satu dari 546 bahasa daerah yang tercatat di Tanah Air. Pengaruh perkembangan globalisasi membuat masyarakat Bali mengalami perubahan pola kehidupan dan bahasa sehari-hari. Bahasa Bali semakin terpinggirkan dan seolah-olah menjadi bahasa “asing” bagi manusia Bali sendiri. Posisinya sebagai bahasa linguafranca (bahasa pergaulan sehari-hari) semakin terjepit dan mulai digantikan oleh bahasa Indonesia, bahkan bahasa asing lainnya. Keberadaan bahasa Bali sebagai bahasa ibu wajib dilestarikan, demi menunjang komunikasi dan identitas sebagai masyarakat Bali.

Melestarikan bahasa Bali agar terhindar dari kepunahan dapat dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat suatu aplikasi yang dapat menerjemahkan kata atau kalimat ke dalam bahasa Bali.

Berdasarkan paparan tersebut, Tim Mahapati – S termotivasi untuk mengembangkan aplikasi melalui pengembangan Aplikasi Penerjemah Bahasa Indonesia – Bahasa Bali Berbasis Android.

Metode pengembangan perangkat lunak yang dilakukan mengacu pada model yang ada pada Software Development Life Cycle (SDLC). Model SDLC yang digunakan dalam pengembangan penelitian ini adalah model waterfall dan pemodelannya menggunakan diagram UML (Unified Modelling Language).

Rancangan dari aplikasi diimplementasikan ke dalam bahasa permrograman Java menggunakan Android Development Tools dari Google yakni Android Studio. Aplikasi menggunakan Database SQLite yakni sebuah engine database SQL yang langsung tertanam pada aplikasi, sehingga aplikasi dapat digunakan secara offline.

Implementasi dari rancangan tersebut menghasilkan aplikasi bernama “Cihna” yakni sebuah Aplikasi Penerjemah Bahasa Indonesia – Bahasa Bali yang dapat dipasang pada Smartphone Android.

#FindIT2018
#FindITUGM

SIMAK!! Hotman Ungkap Kehidupan Para Model Cantik dan Hot di Hotman Paris Show, Rabu 11 April

Tanggal Tayang: 10/04/2018

Hotman Paris kini hadir di layar Anda! Ditemani Jelita Callebaut dan Lolita Agustine, Hotman Paris akan memandu program yang mengupas segala macam persoalan dan konflik. Tak hanya itu, program ini akan memberikan arahan hukum sebagai langkah penyelesaiannya. Obrolan seru dan panas ini, menghadirkan bintang tamu sensasional dari berbagai kalangan. Saksikan program Hotman Paris Show setiap Rabu, 19.00 WIB di iNews!

Subscribe iNews Official Youtube Channel:
https://www.youtube.com/OfficialiNews

dan subscribe untuk program Hotman Paris Show di channel:
https://www.youtube.com/HotmanParisShow

Follow Our Official Twitter: https://twitter.com/OfficialiNewsTV
Check Our Official Website: http://tv.inews.id/
Like Our Official Facebook: https://www.facebook.com/OfficialiNews
Follow Our Official Instagram: https://www.instagram.com/officialinewstv

Sabang, Lampung, Pelaihari, Banjarmasin, Masohi – 50 UHF | Lhokseumawe, Jabodetabek – 30 UHF | Banda Aceh – 40 UHF | Medan, Pontianak, Semarang – 45 UHF | Pematang Siantar – 58 UHF | Pekan Baru – 48 UHF | Tanah Datar, Bukit Tinggi, Palangkaraya – 33 UHF | Padang, Cirebon – 31 UHF | Batam, Samarinda – 61 UHF | Palembang, Kendari – 44 UHF | Pangkal Pinang – 37 UHF | Bengkulu, Merauke – 24 UHF | Bandung – 22 UHF | Tasikmalaya – 52 UHF | Magelang – 54 UHF | Surabaya – 62 UHF | Denpasar – 53 UHF | Mataram – 38 UHF | Kupang, Gorontalo 56 UHF | Makassar – 51 UHF | Mamuju – 28 UHF | Tarakan – 41 UHF | Palu – 45 UHF | Manado – 26 UHF | Ternate, Manokwari – 34 UHF | Indovision -Channel 83 |Top TV – Channel 83 | Okevision – Channel 101

Channel: Hotman Paris Show
Published: 2018-04-10 14:49:14
Duration: 5M53S
Views: 9574
Likes: 35
Favorites: 0

6 Negara yang Menggunakan Bahasa Jawa

6 Negara yang Menggunakan Bahasa Jawa
1.suriname.Republik Suriname (Surinam) dulu bernama Guyana Belanda atau Guiana Belanda adalah sebuah negara di Amerika Selatan dan merupakan bekas jajahan Belanda.

Negara ini berbatasan dengan Guyana Perancis di timur dan Guyana di barat. Di selatan berbatasan dengan Brasil dan di utara dengan Samudra Atlantik. Di Suriname tinggal sekitar 75.000 orang Jawa dan dibawa ke sana dari Hindia-Belanda antara tahun 1890-1939. Suriname merupakan salah satu anggota Organisasi Konferensi Islam.

2.singapura.Sejumlah orang Jawa didatangkan ke Singapura sejak 1825 [Johari, 1965]. Mereka berasal dari Jawa Tengah, dan mereka dipekerjakan sebagai buruh di perkebunan karet, jalur kereta api dan konstruksi jalan raya. Kampong Jawa, di tepi sungai Rochor, adalah tempat pemukiman pertama orang Jawa di Singapura. Selain Kampong Jawa, Kallang Airport Estate dikenal sebagai tempat pemukiman orang Jawa juga. Di Kallang, mereka hidup berdampingan dengan orang Melayu dan Cina.

3.malaysia.Umumnya, mereka sudah berwarga negara Malaysia. Leluhur mereka datang sekitar tahun 1900 karena tekanan ekonomi. Masyarakat Jawa di Malaysia saat ini termasuk generasi ketiga dan keempat. Walaupun masih menggunakan sebagian adat dan kebudayaan Jawa, mereka sudah dianggap Melayu pribumi yang sah sesuai undang-undang Malaysia.

Yang terbanyak tinggal di Negeri Selangor, terutama di kawasan Tanjung Karang, Sabak Bernam, Kuala Selangor, Kelang, Banting, dan Sepang. Mereka masih mengekalkan beberapa unsur Jawa meski tidak total. Di Johor juga banyak, tapi yang muda-muda sudah lupa warisan leluhurnya.

Bahkan sebagian ada yang merasa malu mengakui berketurunan Jawa. Mereka sudah tidak boleh (bisa, Red.) lagi bertutur bahasa Jawa secara baik dengan unggah-ungguh dan tata krama. Ada yang mengekalkan identitas dirinya dengan mewujudkan Persatuan Anak-anak Jawa. Kegiatan keseniannya kuda kepang dan reog, walaupun tidak sehalus di Jawa.

4.Belanda.Saat Belanda menjajah Indonesia belanda mengirim orang jawa sebagai budak ke Belanda. Yang unik dalam kasus bahasa Jawa ini adalah minat orang asing terhadap bahasa atau sastra Jawa. Dan, Belanda sebagai negeri bekas penjajah Jawa ternyata menjadi gudang dari orang atau pakar yang punya minat khusus terhadap keberadaan bahasa Jawa.
Universiteit Leiden, universitas tertua di Belanda yang didirikan 1575 merupakan salah satu gudangnya. Di universitas yang didirikan Pangeran Willem van Oranje, tempat dari sekitar 17 ribu mahasiswa menimba ilmu, kita bisa melihat naskah-naskah kuno berhuruf Jawa atau sastra Jawa kontemporer yang masih terawat.

5.Kaledonia Baru.Kaledonia Baru (bahasa Perancis: Nouvelle-Caledonie) adalah sebuah negeri seberang laut milik Perancis terletak di Samudra Pasifik bagian selatan. Juga dinamai Kanaki yang dari nama penduduk asli kepulauan itu. Negara kepulauan ini telah dikuasai Perancis selain Polinesia Perancis. Status ini dikenakan sampai 1998. Namanya berasal dari bahasa Latin Skotlandia. Ibu kotanya ialah Noumea.

Daerah ini dihuni oleh sebagian suku Jawa. Dahulu orang Jawa di Kaledonia Baru menjadi kuli kontrak atau mencari kehidupan lebih baik di negeri asing. Perpindahan orang Jawa di Kaledonia juga sama dengan orang Jawa Suriname, namun kepindahan orang Jawa di Pasifik telah terhenti sejak 1949.

Jumlah penduduk Kaledonia Baru tercatat tanggal 1 September 2006, yaitu: 237.765 jiwa.
Orang Jawa di Kaledonia Baru tetap menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari, namun kini anak-anak mudanya sudah tak bisa berbahasa Jawa, hanya bisa berbahasa Perancis saja.

6.indonesia.Sudah pasti bahasa jawa juga di gunakan di Indonesia. bahasa yang digunakan penduduk suku bangsa Jawa adalah bahasa jawa terutama di beberapa bagian Banten terutama kota Serang, kabupaten Serang, kota Cilegon dan kabupaten Tangerang, Jawa Barat khususnya kawasan Pantai utara terbentang dari pesisir utara Karawang, Subang, Indramayu, kota Cirebon dan kabupaten Cirebon, Yogyakarta, Jawa Tengah & Jawa Timur di Indonesia.

Channel: top indonesia
Published: 2016-03-25 02:07:54
Duration: 5M4S
Views: 1793205
Likes: 3000
Favorites: 0

Game Development Competition Find IT 2018 – Mahapati G1 – Game Lubdaka 3D

Kami MAHAPATI G-1 dari Universitas Pendidikan Ganesha mempersembahkan

Game Lubdaka 3D

Game ini merupakan game Virtual Reality yang mengambil cerita rakyat Bali yang berjudul Kisah Lubdaka.

kami berharap dengan hadirnya Game ini, cerita rakyat khususnya Kisah Lubdaka terjaga kelestariannya dan masyarakat dapat mengetahui cerita rakyat dengan cara dan suasana yang lebih menarik

backsound : Gus teja – ulah egar

#FindIT2018
#FindITUGM

Channel: komangdavid christoper
Published: 2018-04-13 11:21:47
Duration: 12M58S
Views: 341
Likes: 84
Favorites: 0

Penghasilan 1000 dollar dari online itu mudah !

Tayangan inspiratif seorang gamer dan publisher yang memperoleh penghasilan 1000 dollar per bulan dari dunia internet (online). Mereka adalah Monica dan Septi (Gamer – Nexia), dan juga Henry Jufry (Buruh panggul asal Makasar, yang menjadi publisher Android)
Channel: AndroidCupu
Published: 2015-09-23 16:26:12
Duration: 34M8S
Views: 456780
Likes: 990
Favorites: 0

Warga Terpukau Pidato Pakai Bahasa Bali & Ikut Pawai Bali Arts Festival 2016

Kawal pemerintahan Jokowi, jangan lupa klik subscribe!
Atau klik link ini: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=jokowipresidenri7
Channel: Jokowi Presiden RI Ke 7
Published: 2016-06-13 16:20:39
Duration: 4M48S
Views: 275409
Likes: 1342
Favorites: 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *